Pengembangan Electronic Dictionary Card Berbasis Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas VII SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif yaitu E-Dictionary Card yang valid, praktis, dan efektif pada pembelajaran Bahasa Inggris. Keterbatasan perbendaharaan kosakata dan penggunaan buku teks, LKS, dan powerpoint yang dianggap menjenuhkan oleh peserta didik melatarbelakangi proses pengembangan yang dilakukan. Penelitian ini merupakan penelitian Research & Development (R&D) menggunakan model pengembangan ADDIE. E-Dictionary Card yang dikembangkan dilakukan uji validitas kepada 3 orang expert, uji praktikalitas kepada 20 orang, dan uji efektivitas kepada 20 orang. Hasil penelitian pengembangan yang dilakukan memperoleh tingkat validitas 3,9 untuk validasi materi, 3,875 untuk validasi media, 3,56 untuk uji praktikalitas, dan signifikansi (p value) sebesar 0.00 untuk uji efektivitas. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa multimedia yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk digunakan pada pembelajaran Bahasa Inggris kelas VII SMP.
References
Abdillah, A. (2017). Efektivitas Media Pembelajaran dan Minat Belajar Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Akuntansi dengan Motivasi Belajar sebagai Variabel Intervening pada Siswa Kelas XI SMK Negeri dan Swasta di Jakarta Timur. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(2), 11–25. https://doi.org/https://doi.org/10.29100/.v1i2.222
Apriansyah, M. R., Sambowo, K. A., & Maulana, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 9(1), 9–18. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.12905
Arsyaf, F., Usman, H., Aunurrahim, M., & Yulianingsih, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran E-flashcard Berbasis Website untuk Pembelajaran IPA SD. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 2(3), 349–357.
Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Dalam Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer US.
Elmurodov, U. Y. (2020). The Importance of Multimedia and Mobile Applications in Teaching Foreign Languages. Science and Education" Scientific Journal, 1(2), 72–75.
Ernawati, I., & Sukardiyono, T. (2017). Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Administrasi Server. Elinvo: Electronics, Informatics, and Vocational Education, 2(2), 204–210.
Kemdikbud. (2022). Capaian Pembelajaran Bahasa Inggris Fase D (SMP sederajat). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Li, J. T., & Tong, F. (2019). Multimedia-Assisted Self-Learning Materials: The Benefits of E-flashcards for Vocabulary Learning in Chinese as a Foreign Language. Reading and Writing, 32(5), 1175–1195.
Martina, H. A., Ibrahim, M., & Isnawati. (2015). Kepraktisan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Life Skill pada Materi Hereditas Manusia Kelas XII SMA. BioEdu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 4(3), 932–936.
Maskar, S & Dewi, P. S. (2020). Praktikalitas dan Efektivitas Bahan Ajar Kalkulus Berbasis Daring Berbantuan Geobra. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 888-899.
Mudlofir, A., & Rusydiyah, E. F. (2017). Desain Pembelajaran Inovatif dari Teori ke Praktik. Jakarta: Rajawali Pers.
Nugraha, Nanda Chandra and Amiseno, Abdul Gafur Dami (2019) Pengembangan E-dictionary Vocabulary dan Pronunciation untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Kemampuan Pengucapan Bahasa Inggris Siswa SMA N 1 Pengasih. S2 thesis, Program Pascasarjana.
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur Pendidikan. Kajian Pendidikan islam, 2(1), 1–8.
Rahmani, A. P. (2021). Penerapan Metode Blended Learning untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Selama Masa Pandemi Covid-19. EduBase: Journal of Basic Education, 3(1), 21–34
Rahmi, U., & Azrul, A. (n.d.). TRANSFORMASI PEMBELAJARAN UNTUK MENCIPTAKAN PENGALAMAN PENGGUNAAN TIK MELALUI BLENDED LEARNING. EDUTECH, 18(2), 247–263.
Salsabila, U.H., Ilmi, M.u., Aisyah, S., Nurfadila & Saputra, R. (2020). Peran Teknologi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Era Disrupsi. Journal on Education, 3(1), 104-112.
Saputra, A. & Imam. (2015). Pembuatan Prototipe Aplikasi English Grammar Berbasis Desktop Sebagai Media Belajar Penggunaan Tata Bahasa Inggris yang Benar. Repository Print Umpo.
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.
Tashpulatovich, B. M. (2021). Using Multimedia Technologies in Teaching Foreign Language. Middle European Scientific Bulletin, 12, 64–67.
Widiyanto A.M. 2013. Statistika Terapan. Konsep dan Aplikasi dalam Penelitian Bidang Pendidikan, Psikologi dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: PT Elex Media Komputindo
Zakaria, M. Askari, et al. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Action Research, Research and Development. Sulawesi: Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolaka.