The Peran Orang Tua Mengembangkan Karakter Anak Usia Dini: Literature Review

  • Lilis Marlina Universitas Negeri Padang
  • Astri Humaira Universitas Negeri Padang
  • Summi Fitri Erlida Universitas Negeri Padang
  • Ardi Ardi Universitas Negeri Padang
Keywords: KARAKTER, Peran Orang Tua, Anak Usia Dini

Abstract

Pembentukan karakter anak dimulai dari lingkungan keluarga. Orang tua memiliki peran yang penting dalam mendidik anak, baik buruknya karakter seorang anak ditentukan dari apa yang didapatkan anak dilingkungan keluarga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh orang tua dalam pembentukan karater anak. Metode pada penelitian ini adalah metode literatur review dengan menganalisis artikel yang relevan. Penelusuran sumber data berasal dari google scholar yaitu 5 artikel nasional terakreditasi sinta. Hasil dari literatur review ini adalah bahwa orang tua sangat berperan dalam pembentukan karakter.  

 

 

References

Agus, W. (2012). Strategi Membangun Karakter Bangsa. yogyakarta: pustaka pelajar.
Amaruddin, H., Atmaja, H. T., & Khafid, M. (2020). Peran Keluarga Dan Media Sosial Dalam Pembentukan Karakter Santun Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 1-16.
Anwar, A. (2016). Kontribusi Keluarga terhadap Pembentukan Karakter Anak (Studi Perspektif Modal Sosial di Kota Parepare). Kuriositas: Media Komunikasi Sosial dan Keagamaan, 57-65.
Drikarya. (1980). Driyarkara tentang pendidikan. . yogyakarta: kanisius.
Krisnawanti, A. (2016). Kerjasama guru dengan orang tua membentuk karakter disiplin siswa kelas V SD negeri gembongan. Basic Education, 1-737.
KRISNAWANTI, A. (2016). Kerjasama guru dengan orang tua membentuk karakter disiplin siswa kelas V SD negeri gembongan. Basic Education, 1-737.
Kusdi, S. (2019). Peranan pola asuh orang tua dalam pembentukan karakter anak. AL-USWAH: Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Agama Islam, 100-111.
Lickona, T. (2022). Mendidik untuk membentuk karakter. jakarta: Bumi Aksara.
Muhsin, A. (2017). Upaya orang tua dalam membentuk karakter anak di dusun Sumbersuko Desa Plososari Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keislaman, 123-150.
Pahlevi, R., utomo, P., & Septian, M. R. (2022). Orang Tua, Anak dan Pola Asuh: Studi Kasus tentang Pola layanan dan Bimbingan Keluarga terhadap Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Hawa: Studi Pengarus Utamaan Gender dan Anak, 91-102.
PRATIWI, N. (2018). Pentingnya Peran Orang Tua dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 83-90.
Purwanto, M. N. (2004). Ilmu Pendidikan teoritis & praktis. bandung: PT Remaja rosdakarya.
Sabarua, J. O., & Mornene, I. (2020). Komunikasi Keluarga dalam Membentuk Karakter Anak. International Journal of Elementary Education, 83-89.
Samrotul , F., Annisa , M., Ulfah, U., & Arifudin, O. (2022). “Peran Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak dalam Menyikapi Bullying. Jurnal Tahsinia, 17.
Sani, R. A., & sari, Y. N. (2016). Mengembangkan Karakter Anak yang Islami. jakarta: Bumi Aksara.
Santika, T. (2018). Peran Keluarga, Guru Dan Masyarakat Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Unsika, 77-85.
Soeprianto, H., Sridana, N., & Wahidaturrahmi , W. (2018). Implementasi Penilaian Pendidikan Karakter Kurikulum 2013 di SDK St Antonius Cakranegara. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 1.
Subianto. (2013). Peran keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam pembentukan karakter berkualitas. . Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8.
Suparno. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Karakter Kerjasama Anak Usia Dini. . Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini,, 862-872.
Zakiah, D. (2005). Membina nilai - nilai moral di indonesia. jakarta: Bulan Bintang.
Zubaedi, z., & Pria, U. (2021). Nilai Kerja dalam Pendekatan Tasawuf dan Pengaruhnya Sebagai Bimbingan Pribadi-Sosial Terhadap Pembentukan Karakter Masyarakat Modern. Altifani: Jurnal Pengabdian Masyarakat Ushuluddin, Adab, dan Dakwah,, 99-112.
Published
2024-03-31