Effectiveness of Project Based Learning (PjBL) in Improving Student Creativity: Literature Review

  • summi fitri elida univeristas negeri padang
  • Suci Fajrina Universitas Negeri Padang
  • Rahmawati Rahmawati Universitas Negeri Padang
  • Athifah Desra Fitri Universitas Negeri Padang
  • Een Herdayanti Universitas Negeri Padang
  • Lativa Qolbi Universitas Negeri Padang
  • Syafiq Ayadi Universitas Negeri Padang
Keywords: keteraampilan berpikir kreatif, kreatif, project based learning

Abstract

Kreativitas dan kemampuan berpikir kreatif merupakan keterampilan abad ke-21 yang penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) dalam meningkatkan kreativitas siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur untuk mengumpulkan informasi tentang konsep PjBL dan kreativitas siswa. Sampel penelitian terdiri dari siswa kelas menengah dari berbagai latar belakang sekolah.Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang efektivitas PjBL dalam meningkatkan kreativitas siswa, serta memberikan masukan bagi praktisi pendidikan untuk meningkatkan pendekatan pembelajaran yang inovatif dan efektif, Kreativitas siswa menunjukkan pemikiran keterampilan selama proses perencanaan produk, memproduksi, mendemonstrasikan dan mengevaluasi produk.

References

A., Lufri, L., Ardi, A., & Fajrina, S. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Tentang Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Peserta Didik Kelas X/E SMA. Jurnal Pendidikan Tambusai.7(2), 17735-17743.
Ahmad ,S,R,(2021). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Termokimia Kelas XI IIS SMA Negeri 5 Surakarta. Jurnal Pendidikan Kimia. Vol. 10 No. 2 .
Ahmad,dkk.(2021). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Termokimia Kelas XI IIS SMA Negeri 5 Surakarta. Jurnal Pendidikan Kimia. Vol. 10 No. 2.
Aini, Q., Lesmono, A. D., & Wahyuni, S. (2018). Hasil Belajar, Minat dan Kreativitas Siswa SMA pada Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Project Based Learning dengan Memanfaatkan Bahan Bekas. Jurnal Pembelajaran Fisika.7(1), 1–7.
Alimah, S. (2019). Kearifan lokal dalam inovasi pembelajaran biologi: Strategi membangun anak indonesia yang literate dan berkarakter untuk konservasi alam. Jurnal Pendidikan Hayati, 5(1), 1–9.
Amineh, R & Asl H D. (2015) Review of constructivism and social constructivism J. Soc. Sci.Lit. Lang. 1 1 9–16.
Anazifa, R. D., & Djukri, D. (2017). Project-Based Learning and Problem-Based Learning: Are They Effective to Improve Student's Thinking Skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 6(2), 346-355.
Anazifa, R. D., & Hadi, R. F. (2016). Pendidikan lingkungan hidup melalui pembelajaran berbasis proyek (project- based learning) dalam pembelajaran biologi. Prosiding Symbion (Symposium on Biology Education), 453–462.
Apriliani, D. N., & Panggayuh, V. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Project Based Learning (PjBL) terhadap Minat Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas X RPL di SMK Negeri 1 Boyolangu. JOEICT (Journal of Education and Information CommunicationTechnology),2(1),19–26.
Baran et al. (2018). Learning Physics through Project-Based Learning Game Techniques.International Journal of Instruction .Vol.11, No.2
Darmawan, E. (2020). Pengaruh Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada Materi Ekosistem terhadap Sikap dan Hasil Belajar Siswa SMAN 2 Malang. BIOEDUKASI, 1(1).
Edmunds J, et al. (2017) The relationship between project-based learning and rigor in STEM-focused high schools Interdiscip. J. Probl. Learn.11 1 1–6.
Eka,D,et al.(2023). Assessment of Students’ Creative Thinking Skill on the Implementation of Project-Based Learning. International Journal of Language Education .Volume 7, Number 3.
Elinda, dkk. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreativitas Peserta Didik.Jurnal Pendidikan Tambusai. Volume 6 Nomor 2.Halaman 14514- 14520.
Fajrina, Suci, et al. (2021) Validity of Project Learning Model Based on STEMS to Improve Creativity in the 21st Century. 3rd International Conference on Biology, Science and Education.
Fajrina,suci,et al.(2020). Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) as a Learning Approach to Improve 21st Century Skills: A Review. iJOE ‒ Vol. 16, No. 7.
Fitri, H., Dasna, I. W., & Suharjo, S. (2018). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual.3(2), 201–212.
Fitri,et al .(2024). The project-based learning model and its contribution to student creativity: A review. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia. Vol. 10 Issue 1, 223-233.
Grossman, P,et al (2019). Preparing teachers for project-based teaching. Phi Delta Kappan, 100(7), 43-48.
Gunawan, G., Sahidu, H., Harjono, A., & Suranti, N. M. Y.(2017). The effect of project based learning with virtual media assistance on student's creativity in physics.Cakrawala Pendidikan.
Guo, P., Saab, N., Post, L. S., & Admiraal, W. (2020). A review of project-based learning in higher education: Student outcomes and measures. International Journal of Educational Research. 102, 1-13.
Harpe, S. E. (2015). How to analyze Likert and other rating scale data. Currents in Pharmacy Teaching and Learning, 7, 836-850.
Kartiningrum, E. D. (2015). Panduan Penyusunan Studi Literatur. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat.
Kızkapan, Oktay & Bektaş, Oktay. (2017). International Journal of Instruction.Vol.10, No.1 e-ISSN: 1308-1470. www.e-iji.net pISSN: 1694-609X pp. 37-54.
Krahenbuhl, K(2016). Student-centered education and constructivism: Challenges, concerns, and clarity for teachers Clear. House A J. Educ. Strateg. Issues Ideas 89 3 97–105.
Latifatus,dkk(2021).Pengaruh Project Based Learning Terhadap Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI). Volume (4) No (2):eISSN : 2621- 1467.
Lijie Hao,et al.(2024). The Effect of Project Based Learning And Projed Based Flipped Classroom on Critical Thinking and Creativity for Business English Course at Higher Vocational Colleges. Malaysian Journal of Learning and Instruction, 21, No. 1.
Margot, K. C., & Kettler, T. (2019). Teachers’ perception of STEM integration and education: A systematic literature review. International Journal of STEM Education, 6(1), 1-16. Available at: https://doi.org/10.1186/s40594-018-0151-2.
Melfianora. (2021). Metode Studi Literatur. Retrieved Juli 16, 2023, from
Morin, S., & Herman, T. (2022). Systematic literature review: Keberagaman cara berpikir siswa dalam pemecahan masalah. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(1), 271–286.
Muhammad, R, dkk. (2022). Telaah Literatur: Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Kreativitas Siswa Guna Mendukung Pembelajaran Abad 21.Jurnal Pembelajaran Inovatif. Vol.05/No.01/2022 H. 80 – 85
Mukaromah S H & Wusqo I U ( 2022 ) The influence of PjBL model with STEM approach on global warming topic to students’ creative thinking and communication skills IOP Conf. Ser.:J. Phys. Conf. Ser. 1521 4 0–8.
Nunn, R., Brandt, C., & Deveci, T. (2016). Project-based learning as a holistic learning framework: Integrating principles of critical reasoning and argumentation. Asian Journal of English for Specific Purposes.12(2), 9-53.
Parwati, L., Darussyamsu, R., Rahmi, Y. L., & Fajrina, S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Kreativitas Siswa pada Mata Pelajaran Biologi. Innovative: Journal of Social Science Research.3(4), 1381-1391.
Pratiwi G, et al. (2020) The influence of project-based learning (PjBL) and learning style on mathematics communication skills of junior high school students J. Phys. Conf. Ser. 1467 1.
Ratnasari,et al . (2018 ).Project based learning (PjBL)model on the mathematical representation ability Tadris .J. Kegur. dan Ilmu Tarb. 3 1 47.
Sari, D. K., Permanasari, A., & Supriyanti, F. M. T. (2017).Profile of Students' Creative Thinking Skills on Quantitative Project-Based Protein Testing using Local Materials. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 6(1).
Siti, K,dkk. (2019). Creating Manipulatives: Improving Students Creativity Through Project Based Learning. Journal on Mathematics Education.Volume 10, No. 1, , pp. 93-102.
Sunita, N. W., Mahendra, E., & Lesdyantari, E. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Minat Belajar dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Undiksha, 20(1), 127–145.
Surya, A. P., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreatifitas Siswa KelasIII SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar. 6(1), 41–45.
Suryana,R.(2023). Penerapan Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Sd. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar. Vol 3. No. 1.
Susanti E & Kurniawan H (2020) Design pembelajaran matematika dengan pendekatan STEM (science, technology, engineering, and mathematics).Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika .11 1 37–52
Syafmitha, Y., Selaras, G. H., Fadilah, M., & Fajrina, S. (2024). Penerapan Penuntun Praktikum Eco-Enzyme Berbasis Project Based Learning (PjBL) terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Fase E di SMA. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 11231-11238.
Uziak, J. (2016). A project-based learning approach in an engineering curriculum. Global Journal of Engineering Education.18(2), 119- 123.
Yulianti E, et al. (2020) Evaluating the effectiveness of problem-based learning in enhancing students’ higher order thinking skills AIP Conf. Proc. 2215
Zakiah, N. E. (2020). Implementasi Project-Based Learning Untuk Mengeksplorasi Kreativitas dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Mahasiswa. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2).
Zubaidah, Siti. (2016). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Universitas Negeri Malang: Isu-isu Strategis Pembelajaran MIPA Abad 21, 1-17.
Published
2024-10-05