PENGEMBANGAN MEDIA E-MODUL MATERI TATA SURYA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS VI SD

  • Nadio Arisman Nadio Universitas Negeri Padang
  • Abna Hidayati Universitas Negeri Padang
Keywords: E-modul IPAS, Tata Surya, Research & Development

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan E-Modul untuk mata pelajaran IPAS, khususnya materi tata surya, menggunakan aplikasi Flip PDF Professional. E-Modul ini dirancang agar siswa dapat belajar secara mandiri dan visual. Penelitian ini menggunakan metode Research & Development dengan uji validitas oleh tiga ahli: dua ahli media dan satu ahli materi. Uji coba dilakukan pada siswa kelas VI SD 09 Jorong Kawai Nagari Batu Bulek, Lintau Buo Utara, dengan 15 siswa untuk menguji kepraktisan E-Modul. Hasil validasi media menunjukkan rata-rata skor 3,6 dengan persentase 90% (sangat valid) untuk validator media 1, dan rata-rata 3,85 dengan persentase 96% (sangat valid) untuk validator media 2. Validasi materi memperoleh rata-rata skor 3,58 dengan persentase 90% (sangat valid). Uji coba kepraktisan menunjukkan rata-rata skor 3,71 dengan persentase 92,7% (sangat praktis). Berdasarkan hasil tersebut, E-Modul yang dikembangkan dinyatakan valid dan praktis untuk pembelajaran IPAS materi tata surya di kelas VI SD.

References

Arikunto, S. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Arsyad. (2017). Media Pembelajaran (Rev.ed.). PT Raja Grafindo Persada.
Azura, Silalahi, Zubir, & Nurfajriani. (2022). The Science Environment Technology Society (SETS) based e-module development with project based learning model in colloidal learning. Journal of Physics: Conference Series, 2157(1).
Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Pengembangan Bahan Ajar Dan Media. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasioanal
Daryanto. (2018). Media Pembelajaran Peranannya sangat Penting dalam Mencapai Tujua Pembelajaran. Gava Media.
Endang, M. (2021). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Alfabeta. Eldarni. (2017). Kiat Sukses Menulis Bahan Ajar. Padang: Sukabina Press.
Fitriani, R., Astalini, & Kurniawan, D. A. (2021). Studi Ekploratif : Pengembangan Modul Elektronik pada Mata Kuliah Fisika Matematika I. Al Ulum Sains dan Tenologi, 7(1), 44–51.
Hanifah Salsabila, U., Ulil Ilmi, M., Aisyah, S., Nurfadila, & Saputra, R. (2020). Peran Teknologi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Era Disrupsi. Journal on Education, 03(01), 104–112.
Heinich, M., & Russell, S. (2017). Instructional Media and Technologies for Learning. Prentice Hall, Engelwood,.
Johan, J. R., Iriani, T., & Maulana, A. (2023). Penerapan Model Four-D dalam Pengembangan Media Video Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perorangan. Jurnal Pendidikan West Science, 1(06), 372-378.
Kustandi, C., & Sitjipto, B. (2011). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indoneia
Maydiantoro, A. (2021). Model-Model Penelitian Pengembangan (Research & Development)
Miarso, Y. (2016). Teknologi Komunikasi Pendidikan. CV Rajawali. Mulyasa. (2018). Menjadi Guru Profesional. PT Remaja Rosdakarya.
Nana Sudjana & Ahmad Rivai. (2013). Media Pengajaran (Penggunaan dan Pembuatannya). Bandung: Sinar Baru Algensindo
Noveria, Arief, Istigfara, & Agustia. (2020). E-Book sebagai Sumber Belajar Bahasa Indonesia Bahasa di Era New Normal. (Iclle). 485, 342–345.
Wijayanti, K. Merita. (2018). Pengembangan E-book IPA Fisika Berbasis Program Sigil. Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Makasar
Wisudawati, A. W ., & Sulistyowati, E. (2014). Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara
Published
2024-10-05